HomeYogyakarta

Wisata Air Terjun di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Like Tweet Pin it Share Share Email

Wisata air terjun di jogja merupakan salah satu dari sekian banyak daya tarik yang tersaji di kota ini. Daerah Istimewa ini setidaknya mempunyai lima julukan khusus yang diberikan kepadanya, antara lain sebagai Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Museum, Kota Seniman, hingga Kota Gudeg.

Tak hanya sampai disitu Jogjakarta juga menyajikan berbagai lokasi wisata unik dan menakjubkan yang sangat banyak jumlahnya. Nah, dari sekian banyak pesona wisata Yogyakarta yang menakjubkan tersebut, salah satunya adalah wisata air terjun. Yuk, kita jelajahi satu persatu.

Daftar Wisata Air Terjun Di Jogja

Kembang Soka

air terjun kembang soka

Air terjun bertingkat ini sangat indah dipandang mata, dengan warna air yang putih dan hijau toska, dihiasi juga oleh bebatuan berwarna kuning keemasan di dasar sungai. Bagi pecinta fotografi, lokasi ini adalah pilihan yang tepat. Fasilitas yang tersedia di kawasan cukup lengkap, seperti warung makan, kamar ganti, dan lahan parkir kendaraan roda empat dan dua, kebersihan tempat ini pun cukup terjaga. Anda juga bisa melakukan aktifitas dengan berjalan kaki menyusuri kawasan ini dengan meniti sebuah jembatan bambu berkelok yang sangat unik. Air terjun kembang soka mempunyai dua sumber mata air yang sangat jernih yang bisa langsung diminum yaitu, Mata Air Kembang Soka dan Mata Air Jaran.

Jurang Pulosari

jurang pulosari bantul yogyakarta

Air terjun ini berada di Ds. Wisata Krebet Sendangsari, Pajangan, Bantul. Tempat ini seperti tirai bergerak yang sangat indah dipandang mata dengan air sungai yang kehijauan dan dikelilingi oleh pepohonan yang rapat di sekitarnya. Ditempat ini anda bisa bersantai, climbing, reppling hingga outbound. Bila membutuhkan penunjuk jalan, anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini tersedia guide lokal yang akan membantu. Sayangnya fasilitas penunjang ditempat ini belum lengkap, sehingga Anda harus bersiap diri karena belum ada toilet umum standar yang bisa digunakan. Untuk biaya parkir motor anda harus membayar sebesar Rp.2.000. Semua kebutuhan yang anda perlukan bisa di tanyakan kepada penduduk sekitar.

Sri Gethuk

air terjun sri gethuk

Air terjun yang belokasi di pinggir sungai Oya, Ds. Bleberan, Kab. Gunung Kidul ini memiliki keunikan tersendiri. Air yang jatuh seperti kawah meleleh, tidak hanya di satu titik saja. Saking menawannya tempat ini, Hollywood pun memilih kawasan ini sebagai salah satu tempat syuting film sci-fi berjudul Beyond Skyline yang di buat pada tahun 2017, sekaligus juga dibintangi dua aktor Indonesia, Yayan Ruhian dan Iko Uwais. Lokasi ini juga dijuluki dengan Green Canyon-nya Jogjakarta. Harga tiket masuk ke kawasan air terjun ini yaitu sebesar Rp.7.000 per orang. Anda juga dapat memilih paket wisata lengkap dengan harga Rp.30.000 dengan pemandu wisata. Nikmatilah perjalan memakai rakit tradisional menjelajahi sungai Oya sebelum tiba di kawasan air terjun ini.

Grojogan Sewu

air terjun grojogan sewu

Air terjun Grojogan Sewu berlokasi di Desa Beteng, Jatimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Anda harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari pusat kota Jogja untuk tiba di kawasan wisata ini. Air terjun ini memiliki arus yang melewati jeram lalu kemudian jatuh ke sungai. Kawasan ini sangat teduh dan rindang dengan pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun. Anda bisa bermain air sepuasnya ditempat ini ataupun sekedar bersantai menikmati udara segar di alam bebas.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda hanya perlu membayar uang parkir, dan kontribusi sukarela saja. Dari pintu masuk, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 200 meter melalui perkebunan warga. Fasilitas yang tersedia disini pun masih tergolong sederhana seperti kamar ganti, toilet,  dan warung sederhana.

Jurug Gedhe

air terjun jurug gedhe yogyakarta

Bila anda berjiwa petualang di alam liar di sebuah kawasan wisata, maka Anda wajib mengunjungi tempat ini. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Nglanggeran atau berada di perbatasan antara Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunung Kidul, Sleman. Untuk tiba di lokasi air terjun ini, Anda harus melalui trekk hutan. Air terjun ini nampak angkuh dan perkasa dengan memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Di kawasan ini anda bisa menikmati sajian pemandangan air terjun, aktifitas reppling, outboond, trek trail dan beralan-jalan melintasi Jembatan Gantung Gembyong yang  fenomenal. Jembatan ini sangat memacu adrenalin dan ketegangan sekaligus kegembiraan, area ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai hobi fotografi atau swa foto. Disamping itu di kawasan ini Anda juga bisa mendatangi situs Batu Gajah dan Randu Kembar.

Demikianlah beberapa reomendasi tempat wisata air terjun di jogja yang patut anda pertimbangkan untuk dikunjungi. Semoga bisa menjadi bahan referensi untuk mengisi liburan akhir pekan kali ini.

Penilaian Anda
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Leave a Reply