HomeJawa Tengah

Daftar Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Like Tweet Pin it Share Share Email

Tempat Wisata di Klaten yang paling banyak dijumpai yaitu wisata air dan wisata sejarah. Hal ini karena kota ini mempunyai sejarah kerajaan yang panjang di Indonesia. Perkembangan agama Budha dan Hindu sangat berpengaruh terhadap peninggalan sejarah di Kota ini.

Daftar Tempat Wisata di Klaten

Paling tidak ada beberapa lokasi Wisata di Klaten yang layak untuk dikunjungi guna mengisi liburan akhir pekan yang menyenangkan. Selengkapnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

River Boarding

river boarding klaten

Untuk anda pecinta river boarding, kawasan ini sangat cocok menjadi pilihan untuk mengisi liburan akhir pekan. Jarak tempuh yang akan dilalui sekitar 10 km dengan melintasi 3 desa di kawasan Tulung dan Polanharjo. Sungai ini memiliki arus yang berbeda-beda, terkadang arusnya deras, pelan, dan jeram. Kegiatan ini akan didampingi oleh dua orang operator. Biaya yang harus anda keluarkan yaitu sebesar 150.000 Rupiah per orang. Bagaimana? Apa anda tertantang mencoba sensasi permainan air disini?

Air Umbul Ponggok

Kawasan wisata ini terletak di Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten. Wisata Air Umbul Ponggok cukup menarik dan unik untuk dikunjungi, terlebih bagi anda yang hobi diving. Ditempat ini anda bisa bermain dengan ikan, menyelam, menonton TV dibawah air, bermain motor, Sholat dan lain-lain. Bagi yang masih belajar menyelam  tempat ini cocok untuk anda, memiliki luas sekitar 6.000 meter persegi dengan kedalaman hanya 1 hingga 3 meter dan bagian dasarnya berupa pasir. Aktifitas snorkeling sambil menyaksikan ikan berwarna-warni adalah kegiatan favorit disini. Untuk dapat masuk kekawasan ini anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 Rupiah saja.

Mata Air Cokrotulung

mata air cokro tulung

Kawasan wisata Mata Air Cokro Tulung merupakan wahana Permainan air ala waterboom. Lokasinya terletak di Ds. Cokro, Kec. Tulung, Kab. Klaten. Memiliki air yang sangat bersih dan jernih, karena kolam  renang ditempat ini bersumber dari mata air murni. Bagaimana, menarik bukan? Sangat sayang rasanya bila melewatkan tempat wisata ini begitu saja.

 

Candi Prambanan

Daftar Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tak kenal dengan candi Prambanan, candi ini mempunyai arsitektur tingkat tinggi, yang sampai saat ini tidak diketahui secara pasti bagaimana cara desain pembangunannya. Candi ini sangat populer di seluruh dunia, tak heran bila tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara. Komplek candi ini berada di kec. Prambanan, Sleman, atau sekitar 17 kilometer sebelah timur laut Yogyakarta.

Kawasan komplek candi prambanan ini cukup unik, karena lokasinya berada di wilayah administrasi Ds. Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuknya berada di wilayah administrasi Ds. Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi ini adalah salah satu candi paling megah di Asia Tenggara, dan masuk kedalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO. Oleh karena itu, tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi candi prambanan saat berlibur di Yogyakarta.

Air Umbul Jolotundo

wisata air jolotundo

Umbul Jolotundo merupakan salah satu kawasan wisata permainan air dengan ditemani ikan-ikan kecil. Letaknya berada di Kec. Jatinom, atau sekitar 10 kilometer ke arah utara Kota Klaten. Tempat wisata ini konon dibangun oleh pemerintahan Belanda di tahun 1924, dan hingga kini belum banyak mengalami perubahan. Untuk berkunjung ketempat ini, anda cukup membayar tiket masuk sebesar 3000 rupiah saja, sangat terjangkau.

Bagaimana sangat menarik bukan? tempat wisata di Klaten memang patut anda perhitungkan untuk dikunjungi karena keindahannya yang memukau.

Penilaian Anda
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Leave a Reply