HomeKalimantan Selatan

Daftar Tempat Wisata di Banjarmasin yang Menarik Untuk Dieksplorasi

Like Tweet Pin it Share Share Email

 

Pilihan Tempat wisata di Banjarmasin banyak di dominasi oleh alam dan sungai, hal ini terbukti dengan keberadaan pasar terapung yang sangat populer seantero negeri ini. Pasar terapung ini adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli menjajakkan jualannya di atas perahu atau sampan.

Daftar Tempat Wisata di Banjarmasin

Nah, kali ini admin akan mengajak anda untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Banjarmasin yang layak untuk anda singgahi, antara lain sebagai berikut.

Taman Maskot

taman maskot banjarmasin

Taman maskot merupakan salah satu kawasan wisata di Banjarmasin yang layak untuk dikunjungi. Ditempat ini terdapat dua maskot kota Banjarmasin yakni pohon kasturi dan bekantan. Di gerbang masuk, Anda akan menjumpai sebuah patung bekantan berukuran orang dewasa, tidak jauh di belakangnya, terdapat patung pohon kasturi dengan monyet-monyet yang bergantungan. Di sebelah kanan gerbang masuk, terdapat juga rumah tanaman yang berisikan kaktus, lidah buaya dan berbagai jenis tanaman dalam pot. Fasilitas yang tersedia ditempat ini antara lain, area parkir, toilet, mushola, bangku taman, warung makan dan kawasan bermain anak. Sangat cocok sekali untuk liburan bersama keluarga tercinta.

Pasar Terapung Muara Kuin

pasar apung muara kuin

Pasar terapung yang sangat populer di Banjarmasin terletak di muara Sungai Barito. Tepatnya di Jalan Kuin Utara, Kelurahan Kuin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kalimantan Selatan. Pasar ini sudah bertahan sejak ratusan tahun silam dan menjadi salah satu icon wisata Banjarmasin. Proses perdagangan yang dilakukan di atas perahu ini hingga kini masih terus dibudayakan. Anda bisa menjumpai beragam kebutuhan mulai dari pakaian, hasil pertanian, hingga makanan. Untuk melihat aktifitas di pasar ini, Anda harus datang saat pagi hari karena pasar ini beroperasional dari pukul 05.00 hingga pukul 07.00 pagi. Yang unik dari pasar terapung ini yaitu adanya tongkat yang ujungnya terdapat kawat untuk mengambil barang yang dibeli karena untuk mendekati perahunya cukup sulit.

 

Wisata Religi Masjid Sultan Suriansyah

masjid sultan suriansyah banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah merupakan salah satu sajian wisata religi yang bisa anda kunjungi. Untuk anda yang beragama islam tak ada salahnya singgah di salah satu situs bersejarah yang mempunyai nilai budaya keislaman yang sangat kental ini. Masjid ini didirikan pada tahun 1526-1550, dan menjadi masjid paling tua di kota Banjarmasin. Memiliki desain bangunan berbentuk panggung, berukiran khas Kalimantan Selatan serta beratap tumpang. Beberapa bagian masjid nampak menyerupai Masjid Agung Demak terutama dibagian atap yang berundak dan mengecil ke atas. Hal ini kemungkinan ada hubungan antara kedua kesultanan ini pada zaman dahulu. Disamping itu, yang menarik dari masjid ini yakni mihrab atau tempat imam salat mempunyai atap tersendiri yang terpisah dari atap bangunan utama.

Taman Siring Sungai Martapura

taman siring martapura banjarmasin

Kawasan wisata ini merupakan lokasi nongkrong anak-anak muda yang selalu ramai dikunjungi saat sore menjelang. Tempatnya terletak di Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Kapten Tendean. Untuk anda yang hobi memancing , ditempat ini juga terdapat salah satu spot memancing yang sangat favorit. Bagi yang ingin menikmati keindahan pemandangan, sudah disiapkan bangku-bangku untuk duduk bersantai sambil menikmati berbagai jajanan kuliner ditempat ini. Biasanya saat hari Minggu Taman ini sangat ramai dikunjungi para komunitas, seperti komunitas BMX atau skateboard yang sedang berlatih freestyle, dan tak jarang juga lokasi ini dijadikan sebagai tempat perlombaan.

Pulau Kembang

pulau kembang banjarmasin

Pulau ini terletak di tengah-tengah sungai Barito, dan menjadi habitatnya para monyet dan berbagai jenis burung. Menurut penduduk sekitar, di pulau ini ada seekor monyet besar yang menjadi rajanya. Saat berada di pulau ini, anda harus berhati-hati terhadap barang bawaan, karena monyet kerap kali penasaran dan ingin melihat barang yang Anda bawa. Disarankan untuk membawa makanan ringan atau buah-buahan untuk mengecoh perhatian mereka dari tas Anda. Uniknya, di kawasan ini ada sebuah kuil dan altar dengan arca berbentuk Hanoman. Altar ini, oleh orang Tionghoa, dipakai untuk meletakkan sesaji pada waktu-waktu tertentu.
Demikianlah beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang layak untuk anda kunjungi saat liburan akhir pekan tiba, selamat berlibur dan semoga bermanfaat.

Penilaian Anda
Sending
User Rating 0 (0 votes)

Leave a Reply